Semua Informasi Tentang Kucing

Berbagi Informasi Semua Tentang Kucing

Minggu, 16 Juli 2017

Kenapa Kucing Makan Rumput? Bahayakah?

Mungkin sesekali atau bahkan seringkali Anda pernah menjumpai kucing peliharaan milik Anda itu pergi ke halaman rumah atau ke belakang rumah dan memakan rumput.

Suatu perilaku yang menimbulkan tanda tanya besar bagi pemilik kucing. Mengapa bisa kucing yang identik sebagai hewan karnivora, malah memakan rumput?

Sebenarnya, memakan rumput itu sendiri merupakan salah satu bentuk perilaku kucing yang paling umum. Hingga saat ini, para ahli sendiri juga masih belum bisa menyimpulkan fakta yang asli terhadap perilaku kucing yang memakan rumput.

Akan tetapi, ada beberapa macam hipotesis yang bisa disusun, yang mana ada kemungkinan besar kaitan dengan anatomi dan dinamika biologis dari si kucing itu sendiri. Apa saja?

Kenapa Kucing Makan Rumput

Kucing Makan Rumput
Kucing Makan Rumput, via wajibbaca.com

1. Sebagai Nutrisi

Kucing rumahan merupakan salah satu pemangsa alami tikus. Sementara itu, tikus sendiri merupakan salah satu binatang atau hewan pengerat yang memakan hampir segala makanan, termasuk juga tumbuh-tumbuhan.

Saat kucing memangsa tikus itu, maka isi perut dari tikus akan secara otomatis tercerna dan sang kucing akan ikut juga merasakan atau ikut memperoleh manfaat dari isi perut dari tikus yang salah satunya memang terdiri atas unsur nabati.

Dari sinilah muncul kemungkinan jika kucing sedang mencari "dosis tambahan" yang mana ia dapat dari nutrisi nabati yang mungkin memiliki manfaat baik bagi metabolisme tubuh si kucing itu sendiri.

Baca juga : Kenapa Kucing Selalu Lapar dan Makannya Rakus? Ini Jawabannya!

2. Pola Makan yang Alami

Beberapa ahli sendiri juga telah menduga jika rerumputan itu merupakan salah satu menu alami kucing, disamping dirinya memakan atau mengonsumsi daging.

Tujuan utamanya ialah sebagai salah satu sumber serat bagi si kucing. Serat inilah yang memudahkan kucing untuk mencerna bagian yang keras dari makanan hewani yang telah disantap, seperti tulang, kulit, duri ikan dan lain sebagainya.

Artikel Serupa : 8 Penyebab Kucing Susah Sekali untuk Makan dan 12 Cara Mengatasinya (Wajib Dicoba)

3. Sebagai Pelumas

Kucing mempunyai 1 masalah pencernaan yang cukup lazim, yakni yang memiliki kaitan atau memiliki hubungan dengan kebiasaan mereka yang gemar membersihkan bulu, yakni terkumpulnya bola bulu (hairball) yang ada di dalam pencernaan.

Secara alami, kumpulan dari bola bulu tersebut akan dimuntahkan oleh kucing itu sendiri karena memang sulit untuk dicerna. Akan tetapi, mungkin juga jika bola bulu ini tak selalu mudah untuk dimuntahkan.

Maka dari itu, akan berbahaya apabila bola bulu terkumpul terlalu banyak, yang mampu berakibat menyumbat metabolisme pencernaan kucing itu sendiri.

Bisa disimpulkan jika kucing memakan rumput itu sebagai salah satu bentuk pelumas, karena memang rumput mengandung serat, sehingga bola bulu bisa dengan mudah dikeluarkan saat bersama dengan keluarnya feses.

Direkomendasikan : Bolehkah Kucing Diberi Makan Nasi? Berbahaya atau Tidak?

Lalu, Apakah Harus Dikhawatirkan?

Anda sendiri sebagai pemilik kucing tak perlu khawatir apabila mendapati kucing peliharaan kesayangan Anda yang terkadang atau malah bisa dikatakan sering memakan atau mengonsumsi rumput.

Hal tersebut bukanlah suatu kelainan, melainkan salah satu sifat atau perilaku si kucing yang alami untuk metabolisme biologis dari si kucing itu sendiri yang tentunya sangat berguna dan tak perlu dikhawatirkan sama sekali.

Yang perlu dikhawatirkan ialah apabila Anda menggunakan pestisida atau penggunaan obat kimiawi untuk mematikan rumput ataupun hama yang terdapat di sekitar rumah Anda. Namun, Apabila Anda tak menggunakan bahan kimia, maka Anda tak perlu khawatir dengan perilaku unik kucing yang satu ini.

Jadi, janganlah khawatir lagi karena ini merupakan salah satu kebiasaan unik kucing yang dianggap wajar.
Author Profile

About Info Apik

Penulis artikel di Web Kucing.

0 Komentar Kenapa Kucing Makan Rumput? Bahayakah?

Posting Komentar

Back To Top