Semua Informasi Tentang Kucing

Berbagi Informasi Semua Tentang Kucing

Rabu, 03 Mei 2017

Ampuh! Cara Mengobati Kucing yang Digigit Anjing

Ampuh! Cara Mengobati Kucing yang Digigit Anjing - Semua kucing dan beberapa macam hewan yang lain, baik itu liar ataupun domestik tiba-tiba menggigit, mempunyai arti sebagai melindungi diri mereka.

Saat si kucing dibiarkan untuk berkeliaran di sekeliling rumah, maka kemungkinan besar dia mengalami luka yang dihasilkan dari adanya gigitan binatang lain. Salah satu gigitan binatang yang paling mungkin dan banyak ditemukan kasusnya berasal dari gigitan anjing.

Kejadian gigit menggigit antara kucing dan anjing menjadi hal yang wajar dan normal karena memang itu adalah sifat alami keduanya. Akan tetapi, walaupun demikian, Anda sang pemilik kucing harus tetap waspada karena luka yang ditimbulkan bisa menyebabkan beragam masalah yang lebih parah jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara mengobati kucing yang digigit anjing? Berikut ini langkah dan tipsnya.

Cara Mengobati Kucing yang Digigit Anjing

Kucing

1. Kenali Penyebabnya Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mempraktikkan cara mengobati kucing yang digigit oleh anjing ialah dengan cara mengetahui apa penyebab dari timbulnya gigitan tersebut. Memang ada begitu banyak faktor yang mampu membuat si kucing terkena gigitan oleh anjing, termasuk dalam masalah memperebutkan kekuasaan.

Salah satu pihak tersebut biasanya akan merasa terganggu dengan kedatangan dari pihak lain, sehingga mampu memicu timbulnya pertengkaran. Hal lain yang mampu membuat kucing tergigit ialah serangan anjing yang secara tiba-tiba, yang tak mampu diantisipasi oleh kucing.

2. Ketahui Tanda-tanda Luka yang Terjadi

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum mengambil tindakan ialah dengan cara mencari luka bekas dari gigitan tersebut. Hal ini menjadi salah satu langkah yang cukup krusial untuk mengetahui tingkat keparahan dari bekas gigitan tersebut.

Luka yang ada pada kucing akibat dari gigitan anjing pada umumnya ditandai dengan adanya 2 bekas taring tajam yang ada di salah satu area kulit dan area otot.

Kulit kucing biasanya menjadi jauh lebih sensitif sehingga bisa cukup mengganggu saat luka tersebut disentuh. Hal lain yang bisa menjadi tanda ialah dengan timbulnya bengkak berwarna merah di area kulit.

Terlebih lagi jika gigitan termasuk ke dalam golongan yang cukup parah, maka kucing tersebut bisa mengeluarkan darah.

3. Segera Hentikan Pendarahan

Cara mengobati kucing yang digigit anjing yang perlu dilakukan selanjutnya dengan cara menghentikan pendarahan jika Anda melihat kucing tersebut berdarah.

Cobalah untuk mengambil kain yang bersih, lalu tempel dan tekan ke area yang luka selama beberapa saat. Lepaslah kain tersebut apabila darah sudah berhenti mengalir.

4. Cucilah dengan Menggunakan Air yang Mengalir

Hal lain yang perlu Anda lakukan setepat mungkin sebagai pertolongan pertama dengan membersihkan bekas luka gigitan dengan menggunakan air yang mengalir.

Langkah ini sangat penting dan perlu Anda lakukan untuk membersihkan luka sekaligus menghindari kemungkinan luka terinfeksi bakteri yang tertinggal dari gigitan anjing tersebut. OIeskanlah obat merah saat luka sudah selesai dibersihkan untuk bisa membantu penyembuhan.

5. Waspadai Tanda-tanda Terjadinya Infeksi

Luka bekas gigitan dari anjing yang sudah dibersihkan dan dirawat dengan menggunakan obat merah atau antiseptik tersebut sudah seharusnya bisa membuat kesembuhan selama beberapa hari saja.

Akan tetapi, kadang tak ada perubahan apapun bahkan kucing juga menjadi berubah. Anda patut waspada saat kucing mengalami hal-hal berikut, seperti :
  1. Hilangnya nafsu makan
  2. Mengalami letih dan lesu yang berlebih
  3. Mengalami demam
  4. Luka yang terjadi membusuk

Anda yang mendeteksi munculnya beberapa gejala di atas bisa segera atau langsung mengambil keputusan untuk membaca kucing kepada dokter hewan terdekat atau langganan Anda. Nantinya, dokter akan langsung melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab melambatnya proses penyembuhan.

Jangan lupa, untuk bisa membuat optimis si kucing sembuh, ceritakan awal mula terjadinya luka tersebut hingga proses perawatan yang telah dilakukan untuk membantu diagnosa setepat mungkin oleh sang dokter. Langkah yang mungkin akan dokter ambil ialah menyuntikkan antibiotik untuk memulihkan kondisi kucing, lantas meresepkan beberapa jenis obat yang mampu membantu proses penyembuhan si kucing.

Perhatikan! Gigitan yang tak segera diobati bisa berkembang menjadi abses, yakni benjolan yang berisi cairan di bawah permukaan kulit. Bahkan, kucing juga bisa saja berjalan dengan kondisi yang pincang, hilang nafsu makan atau bahkan hingga lesu.

Bulu-bulu di sekitar luka gigitan juga mungkin menjadi rontok dan kulitnya tersebut jadi merah dan mampu mengeluarkan cairan atau bau yang tidak sedap. Mungkin, Anda juga harus mengkarantina kucing dan memperhatikan tanda-tanda rabies yang terjadi.

Setelah semua masalah tersebut selesai, maka langkah yang terakhir ini perlu Anda simak.

6. Mencegah Kasus yang Sama Kembali Terulang

Jika gigitan disebabkan oleh anjing tetangga, maka bicara dengan tetangga Anda untuk memastikan hal itu tak lagi terjadi. Minta kepada tetangga dengan sopan untuk tak membiarkan sang anjing berkeliaran bebas.

Bagi kita sang pemilik kucing, jangan membiarkan kucing berkeliaran tanpa adanya pengawasan di lingkungan tempat tinggal Anda. Hal ini bisa mencegah terjadinya pertemuan antara kucing dengan anjing lain.
Author Profile

About Info Apik

Penulis artikel di Web Kucing.

0 Komentar Ampuh! Cara Mengobati Kucing yang Digigit Anjing

Posting Komentar

Back To Top