Semua Informasi Tentang Kucing

Berbagi Informasi Semua Tentang Kucing

Sabtu, 06 Mei 2017

Ini Jawaban Kenapa Napas Kucing Berbunyi

Ini Jawaban Kenapa Napas Kucing Berbunyi - Gejala mendengkur untuk kucing ini memang kemungkinan jarang terjadi. Akan tetapi, beberapa pemilik kucing tersebut pernah mengeluh hal yang terjadi ini pada sang kucing.

Sementara itu, ada beberapa macam atau jenis dengkuran yang terjadi pada kucing.

Kucing

Fenomena mendengkur yang pertama itu dinamakan dengan stertor. Stertor adalah suara napas yang terjadi selama inhalasi berlangsung. Suara napas akibat dari stertor ini biasanya menjadi jenis suara yang mempunyai nada rendah.

Pada umumnya, suara dengkur itu sendiri muncul akibat adanya getaran cairan atau getaran jaringan yang lembek, yang mana terjadi di rongga pernapasan. Getaran ini sendiri biasanya muncul akibat dari penyumbatan yang terjadi di saluran napas pada tenggorokan (faring).

Tidak hanya terjadinya stertor, dengkuran yang terjadi di kucing itu sendiri juga disebut dengan nama stridor. Stridor adalah suara dengkuran dengan memiliki nada yang tinggi sehingga mampu menimbulkan suara pernapasan yang bising.

Tingginya nada yang terjadi itu diakibatkan oleh adanya jaringan yang relatif kaku bergetar di saat udara tersebut masuk ke dalam rongga pernapasan.

Hal ini sendiri sering terjadi sebagai salah satu bentuk akibat dari adanya penyumbatan parsial yang tada di saluran hidung atau kotak suara (laring) atau malah runtuhnya bagian atas tenggorokan, yang biasa dikenal dengan runtuhnya trakea serviks.

Gejala dan Jenis Dengkuran

  • Terjadi perubahan atau terjadinya hilang suara di kucing, yang mana kucing tak mampu bersuara "meong" seperti biasanya.
  • Suara napas yang begitu keras, sehingga bisa didengar dari jarak jauh tanpa menggunakan stetoskop.
  • Tubuh yang berupaya dengan optimal dalam melakukan adaptasi dengan cara bernapas. Contohnya mulut atau kepala yang didongakkan karena kucing yang mengalami kesulitan bernapas secara normal atau dengan baik.

Penyebab Dengkuran pada Kucing

  1. Suhu lingkungan sekitar yang terlalu tinggi
  2. Demam tinggi yang mendera si kucing
  3. Tingkat metabolisme tinggi, seperti yang terjadi dengan peningkatan kadar hormon tiroid (hipertiroidisme) atau infeksi bakteri umum (sepsis)
  4. Adanya rasa cemas atau rasa gembira
  5. Setiap penyakit pernapasan atau jantung yang mampu meningkatkan pergerakan udara masuk dan keluar dari paru-paru (ventilasi)
  6. Turbulensi yang disebabkan oleh meningkatnya aliran udara yang mampu menyebabkan terjadinya pembengkakan dan mampu memperburuk obstruksi jalan napas
  7. Disebabkan gara-gara makan atau minum

Cara Mengobati

Saat dilakukan pengobatan, Anda perlu memberikan riwayat mengenai kesehatan kucing tersebut secara menyeluruh hingga mengarah sampai ke timbulnya gejala yang terjadi.

Nantinya, Dokter hewan akan membantu dengan menggunakan stetoskop dalam mendengarkan seluruh area dari faring dengan trakea. Jika memang suara yang terjadi itu hanya pada saat kucing membuka mulut, maka kemungkinan besar bisa disebabkan terjadi penyempitan saluran pernapasan yang menjadi salah satu penyebabnya.

Sementara itu, jika suara keras yang ditimbulkan saat kucing sedang menarik napasnya, maka kemungkinan besar ada penyakit lain yang terdeteksi pada bagian dada kucing.

Jika memang Anda sendiri mendengar suara kucing yang sedikit berubah, maka kemungkinan besar terjadi suatu abnormalitas yang ada di bagian laring.

Dokter hewan Anda nantinya secara sistematis akan mendengarkan dengan menggunakan stetoskop pada bagian atas hidung, faring, laring dan juga trakea untuk memperoleh titik identifikasi intensitas maksimal dari setiap suara abnormal dan mengidentifikasi fase respirasi yang terjadi.

Hal ini sendiri bisa dikatakan cukup penting dalam mengidentifikasi lokasi dari mana suara abnormal tersebut muncul atau berasal dan mampu mencari penyebab yang memberatkan atau memperburuk keadaan.

Dengan melakukan diagnosa secara menyeluruh yang terjadi di rongga pernapasan kucing Anda bisa menentukan langkah selanjutnya yang nanti bisa diambil.

Maka dari itu, pastikan Anda sendiri bisa menyimpan semua rekam medis yang dimiliki untuk bisa memastikan tindakan yang terbaik bagi si kucing tersebut agar bisa kembali sembuh seperti semula.
Author Profile

About Info Apik

Penulis artikel di Web Kucing.

0 Komentar Ini Jawaban Kenapa Napas Kucing Berbunyi

Posting Komentar

Back To Top