Semua Informasi Tentang Kucing

Berbagi Informasi Semua Tentang Kucing

Kamis, 27 April 2017

Penyebab Kucing Ingusan dan Cara Merawatnya

Penyebab Kucing Ingusan dan Cara Merawatnya - Salah satu yang menjadi kendala di saat sedang merawat atau memelihara kucing ialah saat penyakit flu melanda kucing tersebut.

Beragam jenis kucing mulai dari anggora, persia, himalaya dan yang lain sebagainya bisa terkena penyakit pilek atau flu jika sedang musim hujan atau musim dingin berlangsung.

Bagi kucing kesayangan Anda yang sama sekali belum pernah diberikan vaksin, kemungkinan untuk terkena penyakit ini sangat tinggi, karena fungsi dari vaksin itu sendiri untuk mempertahankan daya tubuh si hewan peliharaan agar nantinya tidak mudah sakit.

Memang penyakit ini tak begitu mematikan bagi kucing yang sudah dewasa. Akan tetapi, bagi anak kucing yang masih berumur di bawah 1 bulan jika terkena penyakit flu atau pilek, justru akan berbahaya dan mampu mengancam jiwa anak kucing tersebut.

Penyebab kucing bisa terkena flu atau pilek hingga ingusan itu dikarenakan terjadinya infeksi di dalam hidung kucing, yaitu virus herpes, cacili dan bakteri yang lain. Apabila nantinya virus tersebut dibiarkan saja, maka flu yang terjadi pada kucing bisa menularkan ke kucing yang lain dengan melalui air liur, bersin, makanan dan minuman bahkan juga hingga kandang.

Sebelum mengatasi hal tersebut, kita harus bisa mengetahui tanda atau ciri-ciri kucing yang terkena penyakit flu atau pilek. Seperti kucing tersebut mengalami demam dan bersin, nafsu makan yang menjadi berkurang, mata terlihat memerah, batuk hingga keluar cairan di hidung kucing tersebut.

Gejala flu pada kucing juga akan terlihat di 1 minggu dan apabila Anda tetap membiarkan gejala yang terjadi itu, maka akan membaik namun membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu.

Walaupun flu yang terjadi pada kucing itu tak separah seperti flu burung atau flu yang terjadi pada manusia, namun Anda juga tetap harus berhati-hati dan tetap jaga jarak karena bulu kucing tersebut mampu menyebabkan seseorang menjadi sesak napas.

Sesungguhnya, ada beberapa macam cara alami yang bisa digunakan untuk mencegah kucing terkena flu seperti dengan memberi madu kepada kucing 1x4 jam, letakkan kucing di kandang atau tempat yang hangat, berikan juga asupan nutrisi yang cukup serta jangan pernah biarkan kucing kehujanan atau ditinggal sendiri di luar rumah karena pada malam hri, cuaca tersebut kian dingin dan mampu membuat sistem kekebalan tubuh sang kucing menjadi menurun.

Berikut ini sudah dirangkum beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah sebelum membawa kucing kesayangan kepada dokter hewan.

Ada beberapa macam cara alternatif untuk merawat kucing yang sedang terkena oleh penyakit pilek atau flu yang bisa Anda praktikkan sekarang juga.

Cara Mengatasi Kucing Ingusan Terkena Flu atau Pilek

Kucing Ingusan Terkena Flu dan Pilek
Kucing Ingusan Terkena Flu dan Pilek, via kucingpedia.com

1. Berikan Vitamin

Berikanlah vitamin dan suplemen untuk kucing yang sedang sakit, karena hal ini bisa membantu daya tahan tubuh hewan peliharaan tersebut menjadi jauh lebih maksimal walau sang kucing memang sedang mengidap flu.

Jika flu atau pilek yang ditonjolkan oleh kucing tidak begitu parah, dengan memberikan suplemen beserta dengan vitamin bisa membuat sang kucing menjadi lekas sembuh.

2. Hindari Dimandikan Terlalu Sering

Biasanya, kondisi kucing yang terkena penyakit seperti pilek atau flu, itu akan rentan terhadap air.

Maka dari itu, disarankan untuk sang kucing jangan terlalu sering dimandikan. Cobalah untuk menggunakan alternatif yang lain seperti kain basah, lalu usap secara perlahan pada bulu kucing jika hewan peliharaan tersebut terlihat kotor.

3. Jemur Kucing

Cobalah untuk menjemur kucing di terik sinar matahari tepat antara pukul 8 hingga 9 pagi selama 10 menit lamanya. Hal ini cukup bermanfaat alias cukup berguna dalam membunuh kuman beserta dengan bakteri yang mampu menyebabkan terjadinya pilek.

Tidak perlu khawatir jika kucing yang terlihat masih bersin karena itu memang menjadi salah satu tanda terjadinya penyakit flu. Anda bisa membersihkan ingus yang keluar dari hidung kucing dengan menggunakan lap kering atau menggunakan tisu.

4. Bersihkan Ingus

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan ialah membersihkan ingus kucing yang keluar di bagian hidung kucing sesering mungkin.

Hal ini dikarenakan pada ingus sendiri tentunya mengandung berbagai macam kuman hingga bakteri yang bersarang sehingga bisa memperparah penyakit yang diderita oleh sang kucing.


Hingga saat ini, memang cara menangani kucing yang terkena penyakit flu atau pilek belum ditemukan adanya obat yang khusus. Akan tetapi, jangan risau karena kucing bisa terserang penyakit itu karena kekebalan yang menurun akibat dari kedinginan dan biasanya pemberian dari suplemen yang kurang maksimal.

Perhatikan juga jika jangan memberikan obat flu manusia untuk kucing karena hal ini bisa berakibat cukup fatal. Apabila gejala tersebut kian parah, maka segeralah bawa sang kucing kesayangan kepada dokter hewan terdekat.

Tidak hanya itu saja, jangan ganggu waktu tidur sang kucing karena bisa mengganggu kesehatannya untuk beristirahat seperti halnya manusia yang membutuhkan istirahat jika sedang dilanda sakit. Selimutilah kucing dan taruh di tempat yang hangat.

Untuk meningkatkan nafsu makan sang kucing, ajak saudara kucing untuk bisa tercipta situasi saling berebut makanan satu sama lain. Kondisi kompetisi untuk saling berebut makan ini juga bisa membuat nafsu makannya menjadi naik jika sudah mulai pulih.
Author Profile

About Info Apik

Penulis artikel di Web Kucing.

0 Komentar Penyebab Kucing Ingusan dan Cara Merawatnya

Posting Komentar

Back To Top